Artikel‎ > ‎

Mengenal SINTA Ristekdikti Lebih Dekat

posted Apr 10, 2018, 8:32 AM by Muhammad Azwar   [ updated Apr 10, 2018, 8:41 AM ]
SINTA kepanjangannya adalah Science and Technology Index. SINTA merupakan sebuah sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses yang cepat dan mudah ke jurnal yang dipublikasikan oleh pendidikan tinggi dan institusi penelitian di Indonesia dan sekaligus mengukur tingkat performanya. SINTA menyediakan informasi mengenai benchmark dari suatu perguruan tinggi, kolaborasi, tren analisis dari suatu penelitian, dan juga merupakan direktori kepakaran di Indonesia. SINTA menjadi pusat informasi sitasi dan kepakaran di Indonesia.

Visi dari SINTA adalah "Menjadi Rujukan Hasil Penelitian".

Misi dari SINTA adalah :

1. Mengembangkan sitasi dan kepakaran di Indonesia.

2. Mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan penelitian dari setiap institusi.

3. Mengembangkan sebuah sistem yang dapat menganalisis tren penelitian di Indonesia.

4. Mengembangkan direktori kepakaran di Indonesia.

SINTA diinisiasi pada tahun 2016 oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dengan melibatkan para pakar dari berbagai institusi. Konten SINTA berasal dari jurnal Indonesia yang telah diterbitkan secara elektronik memiliki profil baik Google Scholar maupun Scopus yang berisi sejumlah sitasi, h-index, i-10 index, pengembangan selanjutnya akan termasuk makalah prosiding, buku, dan hak paten dari para peneliti di Indonesia.

Melihat Performa sebuah Perguruan Tinggi melalui SINTA Ristekdikti

Sebagai contoh, jika kita ingin melihat performa dari institusi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, berikut caranya :

1. Membuka website resmi SINTA dengan mengklik http://sinta2.ristekdikti.go.id/

2. Pilih menu Affiliation, dan masukkan kata kunci Syarif Hidayatullah, lalu klik tombol pencarian, seperti pada gambar di bawah ini.




3. Akan muncul afiliasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, disertai dengan code 201001, alamat website http://uinjkt.ac.id/ dan SINTA Score 1,817.  


4. Klik link afiliasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, akan muncul informasi detail seperti SINTA Rank, SINTA Score, dan penulis yang telah diverifikasi. Informasi mengenai dokumen dan sitasi dari Scopus dan Google Scholar dari tahun ke tahun juga ditampilkan dalam bentuk grafik.



Saat artikel ini dibuat, informasi yang ditampilkan menunjukkan UIN Syarif Hidayatullah memiliki SINTA Rank 30, SINTA Score 1,817, penulis atau peneliti yang telah diverikasi 211. Dokumen terindeks Scopus 271 dengan jumlah sitasi 1.457, dokumen terindeks Google Scholar 3.931 dengan jumlah sitasi 23.449

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat.

Comments