Artikel‎ > ‎

Pelatihan Manajemen e-Journal Tahun 2017 di Perpustakaan STAIN Kudus

posted Oct 21, 2017, 10:01 PM by Muhammad Azwar   [ updated Oct 21, 2017, 10:02 PM ]
Sabtu, 21 Oktober 2017 Perpustakaan STAIN Kudus mengadakan pelatihan manajemen e-Journal. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan ingin meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal di STAIN Kudus khususnya untuk menuju jurnal terakreditasi nasional. Peserta pelatihan ini sebagian besar merupakan para pengelola jurnal di STAIN Kudus.

Materi pertama dipresentasikan oleh Muhammad Azwar, S.Pd.I, M. Hum dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengenai manajemen pengelolaan e-journal. Pemateri menjelaskan mengenai dasar pengelolaan jurnal elektronik, beberapa penilaian akreditasi jurnal elektronik dan strategi untuk meningkatkannya. Peserta pelatihan yang didominasi oleh para dosen juga diajak untuk membuat profil Google Scholar, mendaftarkan ke SINTA Ristekdikti, dan mendaftarkan Orcid. Dalam kesempatan ini juga, pemateri memberikan pelatihan registrasi ke jurnal elektronik STAIN Kudus, submit artikel, dan aktifitas peran-peran dalam tim jurnal, seperti editor, section editor dan reviewer.   

Materi kedua disajikan oleh Wiji Suwarno, S.Pd.I, S.IPI, M.Hum dari IAIN Salatiga mengenai writing academic skills. Pemateri menjelaskan kiat-kiat untuk meningkatkan kemampuan menulis. Di akhir sesi, peserta diberikan skill menggunakan aplikasi manajemen referensi Zotero. Aplikasi ini sangat menunjang dalam proses penulisan karya ilmiah.
Comments