Artikel‎ > ‎

Perpustakaan STEI SEBI Mengadakan Insert

posted Oct 7, 2017, 7:43 PM by Muhammad Azwar
Sabtu, 7 Oktober 2017, Perpustakaan STEI SEBI mengadakan acara INSERT (Increasing Sebi Research Paper Quality). Kegiatan ini rutin diadakan setahun sekali untuk meningkatkan kemampuan dan skill mahasiswa dalam riset yang sangat membantu mereka dalam menulis makalah, penelitian, dan tugas akhir selama kuliah. 

Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena kegiatan INSERT ini diadakan khusus bagi para trainer saja. Mereka, para trainer, adalah perwakilan dari masing-masing kelas dari semua angkatan yang siap dilatih dalam 2 sesi training. Setelah training, mereka siap mendampingi kawan-kawan mahasiswa di kelasnya masing-masing untuk berbagi skill yang telah didapatkan selama training.

Minggu sebelumnya, 30 September 2017, materi sesi pertama disampaikan oleh Fahma Rianti, M. Hum, Kepala Perpustakaan STEI Sebi. Sesi pertama peserta dibekali keterampilan dasar dalam mengelola referensi berbasis teknologi informasi. Software yang digunakan adalah Mendeley dan Zotero. Peserta praktek mendownload, menginstal, dan menggunakan Mendeley dalam mengelola referensi.

Di sesi kedua ini, dengan pemateri Muhammad Azwar, M. Hum, peserta belajar menelusuri berbagai sumber informasi ilmiah di internet, seperti Google Scholar, Open Access Journal berbasis OJS, Repository, Indonesia One search, DOAJ, Doabooks, Google Books, OPAC Perpustakaan, dan beberapa sumber lainnya.  Peserta belajar menggunakan web importer yang ada dalam Mendeley dan menyimpan berbagai referensi ilmiah yang didapatkan tersebut secara otomatis ke dalamnya. Berbagai keterampilan lain juga dipelajari, seperti menambahkan style sitasi, switch style, memberi highlight dan catatan pada fullteks, menggunakan software anti plagiarime, dan bagaimana mencegah plagiarisme.

Alhamdulillah, peserta sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan training of trainer ini dan mereka ingin sekali bisa segera berbagi dengan kawan-kawan mahasiswa yang lain.
Comments