Artikel‎ > ‎

Sharing Dosen : Belajar Manajemen Referensi dengan Mendeley dan Zotero

posted Sep 2, 2017, 4:19 AM by Muhammad Azwar   [ updated Sep 2, 2017, 5:04 AM ]
Hari ini, Kamis 31 Agustus 2017 Program Studi Ilmu Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan kegiatan sharing dosen. Kegiatan sharing ini diadakan seminggu sekali untuk mengupgrade pengetahuan dan keterampilan para dosen. Kali ini tema yang diangkat mengenai manajemen referensi menggunakan Mendeley. Beberapa dosen dari Program Studi Sejarah bahkan dari Prodi lain, seperti Ilmu Perpustakaan dan Bahasa & Sastra Arab hadir dalam sesi ini. Pendalaman materi Mendeley ini dirasakan sangat penting bagi para dosen untuk kemudahan dalam mengorganisasikan referensi dalam publikasi karya ilmiah.

Mendeley adalah sebuah tool aplikasi (software) yang digunakan untuk membantu para penulis (peneliti) mengorganisasikan referensi mereka. Dengan menggunakan Mendeley, kita dapat mengelola berbagai referensi tulisan dengan sangat mudah.  Kita dapat merekam informasi setiap file sumber referensi ke dalam Mendeley, lalu dapat digunakan berkali-kali baik untuk kebutuhan membaca atau mengutip.

Mendeley memiliki berbagai kelebihan lainnya, seperti memudahkan kita membuat daftar pustaka di dalam membuat karya ilmiah dengan berbagai style yang berlaku internasional, saling berbagi dengan penulis atau peneliti lainnya di seluruh dunia terkait referensi yang digunakan, mencari penelitian terbaru, menampilkan karya publikasi sendiri, menggunakan fasilitas web importer agar dapat mengimport berbagai macam referensi dari berbagai situs indexing karya ilmiah, dan sebagainya.

Mendeley dapat didownload di website resminya https://www.mendeley.com/, pastikan Anda mendaftarkan akun sebelum menggunakan software ini.

Pada kesempatan ini juga, narasumber - Muhammad Azwar - menjelaskan manajemen referensi lain yang dapat digunakan, yaitu Zotero dan EndNote. Sebagai software manajemen referensi, Zotero sangat membantu penulis dalam mengutip referensi baik dengan body note maupun foot note. Zotero juga memiliki kelebihan-kelebihan seperti halnya Mendeley. Dalam penerapannya, baik Mendeley maupun Zotero bisa digunakan dalam penulisan karya ilmiah secara bergantian  tergantung pada kebutuhan masing-masing penulis. Ini dimungkinkan karena terdapat metadata standar yang bisa digunakan, seperti BibTeX, RIS, Library Zotero ataupun EndNote XML untuk saling bertukar data.

Zotero bisa diakses secara free di website resminya https://www.zotero.org/

Baik Mendeley maupun Zotero, kedua software ini menggunakan fitur sync yang memudahkan penggunanya untuk mengakses referensi mereka di mana pun dan kapan pun selama ada akses internet.

Alhamdulillah, para dosen yang mengikuti sharing session ini sangat antusias dan mereka meminta ada kelanjutan dari kegiatan ini agar bisa mempelajari manajemen referensi ini lebih dalam lagi.   


Comments