Artikel‎ > ‎

Workshop Optimalisasi Google Advanced Search untuk Kegiatan Belajar Mengajar di SMPN 5 Solear

posted Aug 10, 2017, 7:12 AM by Muhammad Azwar   [ updated Aug 10, 2017, 8:49 AM ]

Pagi hari ini, Kamis, 10 Agustus 2017 berlangsung kegiatan workshop penelusuran informasi menggunakan Google Advanced Search khususnya yang terkait dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan workshop ini terlaksana atas inisiatif dan kerja tim mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sedang KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten.

Workshop ini diperuntukkan untuk para guru SMPN 5 Solear. Sekitar 20 orang yang terdiri dari para guru dan mahasiswa mengikuti kegiatan ini. Mereka tampak sangat antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung selama 2 jam lebih, yang dimulai dari pukul 9.30 hingga 12.00 WIB. Pemateri workshop literasi informasi ini adalah Muhammad Azwar, M. Hum, dosen Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Muhammad Najiyuddin, penanggung jawab acara workshop literasi, menjelaskan bahwa ide kegiatan ini muncul ketika melihat kebutuhan literasi yang cukup mendesak di kalangan tenaga pengajar, khususnya di desa-desa. Tujuannya tentu untuk membuka wawasan terkait "Google Advanced Search" yang sangat menunjang dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain sebagai momen suksesi program KKN 069, workshop ini juga bertujuan membuka jaringan yg lebih luas antara tenaga pengajar, narasumber dan mahasiswa".

Beberapa guru pun memaparkan bahwa materi pelatihan ini sangat dibutuhkan di era informasi berbasis internet seperti sekarang ini. Mereka sebelumnya, menggunakan Google hanya yang sederhana (simple) saja, dan hari ini mereka dilatih untuk menggunakan teknik-teknik khusus dalam pencarian informasi sehingga informasi yang dicari lebih relevan, lebih cepat, lebih akurat dan ilmiah.

Materi pertama disajikan beberapa keterampilan (skill) penelusuran informasi. Beberapa di antaranya, seperti melihat jumlah hasil temuan informasi saat pertama kali menelusuri informasi, memahami domain website, membatasi pencarian kata kunci berdasarkan domain dan website tertentu, membatasi pencarian informasi berdasarkan jenis atau format dokumen, berdasarkan waktu, dan sebagainya.

Materi kedua selanjutnya mengenai penggunaan Google Form. Dalam kesempatan ini, peserta praktek membuat beberapa soal yang dilengkapi dengan jenis opsi jawaban. Google Form ini bisa menjadi variasi guru dalam memberikan tes kepada siswa di kelas sehingga pembelajaran bisa lebih menarik dan bisa dikerjakan secara online.

Comments