Artikel‎ > ‎

Workshop Nasional Online Research Skills di Perpustakaan UIN Raden Intan Lampung

posted Sep 10, 2017, 12:29 AM by Muhammad Azwar
Perpustakaan UIN Raden Intan Lampung mengadakan workshop Online Research Skills selama 2 hari, Rabu & Kamis 7-8 September 2017. Kegiatan workshop ini dihadiri oleh para peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta baik dari kota Lampung sendiri maupun dari luar kota, seperti dari Jambi, Metro, Ponorogo, bahkan dari Sorong Papua.

Workshop Online Research Skills ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta -para pustakawan dan dosen- yang sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan erat dengan research (penelitian) dan publikasi ilmiah. Workshop ini memberikan seperangkat keterampilan yang sangat memudahkan bagi siapapun yang akan terjun dalam riset. 

Hari pertama, narasumber Muhammad Azwar, M. Hum dosen Fakultas Adab & Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, memaparkan materi mengenai strategi penelusuran informasi Online Public Access Catalogue (OPAC), akses e-journal dan repository yang dimiliki oleh Perpustakaan UIN Raden Intan Lampung. Selain itu, disajikan juga workshop mengenai standar pengolahan bahan pustaka berbasis SLiMS 8 Akasia, copy cataloguing (Z39.50 SRU dan P2P Service) dan beberapa penggunaan fitur-fitur tambahan lainnya, seperti auto complete, label barcode, usulan koleksi, locker loan, warta berita, dan grafik perkembangan koleksi serta visitor statistic. Di akhir sesi pertama ini, disajikan workshop mengenai Indonesia One Search (IOS), mulai dari registrasi akun, strategi menelusuri informasi ke koleksi nasional dan e-resources yang dilanggan Perpusnas, pengorganisasian informasi hingga cara mendaftarkan repository (OPAC, E-Journal, dan repository) yang dimiliki masing-masing institusi ke dalam database Indonesia One Search. 

Materi kedua disampaikan oleh Faizuddin Harliansyah, MIM Kepala Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Materi Online Research Skills ini diawali dengan pentingnya hasil-hasil research yang dihasilkan oleh para peneliti di seluruh dunia itu dipublikasikan secara online dan dapat diakses secara fulltext (Open Access). Narasumber dalam kesempatan ini juga menjelaskan strategi memanfaatkan sumber-sumber referensi riset online baik yang bersumber dari Open Access Database maupun dari Database Online berbayar. Peserta kemudian diajak untuk membangun perpustakaan riset yang berkualitas dengan Zotero. Dengan aplikasi ini, kita dapat mengelola sitasi (kutipan) dan referensi dengan berbagai style dengan sangat mudah. 

Alhamdulillah, peserta sangat puas mengikuti workshop ini, dan rasanya 2 hari ini tidak cukup untuk menggali materi Online Research Skill ini. Perpustakaan UIN Raden Intan siap untuk selalu mendampingi dan memfasilitasi jika para dosen ataupun mahasiswa kesulitan dalam menerapkan skill riset online ini.  
Comments